Nasionalisme

Berhubung skrng lagi rame-ramenya yang namanya olimpiade, dan membawa semangat nasionalisme, serta menjelang 17 agustus yang merupakan hari kemerdekaan Indonesia, gw jadi pengen menulis tentang NASIONALISME neh.(Klo menurut wikipedia adalah)

Nasionalisme adalah satu paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara (dalam bahasa Inggris “nation”) dengan mewujudkan satu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia.

Para nasionalis menganggap negara adalah berdasarkan beberapa “kebenaran politik” (political legitimacy). Bersumber dari teori romantisme yaitu “identitas budaya”, debat liberalisme yang menganggap kebenaran politik adalah bersumber dari kehendak rakyat, atau gabungan kedua teori itu.

Ikatan nasionalisme tumbuh di tengah masyarakat saat pola pikirnya mulai merosot. Ikatan ini terjadi saat manusia mulai hidup bersama dalam suatu wilayah tertentu dan tak beranjak dari situ. Saat itu, naluri mempertahankan diri sangat berperan dan mendorong mereka untuk mempertahankan negerinya, tempatnya hidup dan menggantungkan diri. Dari sinilah cikal bakal tubuhnya ikatan ini, yang notabene lemah dan bermutu rendah. Ikatan inipun tampak pula dalam dunia hewan saat ada ancaman pihak asing yang hendak menyerang atau menaklukkan suatu negeri. Namun, bila suasanya aman dari serangan musuh dan musuh itu terusir dari negeri itu, sirnalah kekuatan ini.

Dalam zaman modern ini, nasionalisme merujuk kepada amalan politik dan ketentaraan yang berlandaskan nasionalisme secara etnik serta keagamaan, seperti yang dinyatakan di bawah. Para ilmuwan politik biasanya menumpukan penyelidikan mereka kepada nasionalisme yang ekstrem seperti nasional sosialisme, pengasingan dan sebagainya.

Cuma klo menurut gw seh;

Nasionalisme itu adalah tindakan real kita untuk menunjukan amal bakti kita kepada negara. Tindakan real ini apa aja seh sebenernya?? Klo menurut gw seh banyak dan ga mesti tindakannya itu berjuang/bertempur. Secara gw bukan seorang atlet yang bisa mengumandangkan lagu indonesia raya di olimpiade atau gw bukan seorang tentare yang secara real berperang/bertempur demi negara kita indonesia. Maka yang bisa gw lakukan adalah HAL-HAL KECIL seperti ini:

– Mengikuti pemilu/pilkada

Kemaren di bandung diadakan pemilihan walikota dan sebagai warga negara gw mengikuti pemilihan tersebut dengan sebaik mungkin walaupun skrng hasil sementara menunjukan jagoan gw kalah. Tapi ga papa at least gw udah coba merubah kondisi negara kita dengan memberikan mandat kepada orang yang gw pikir mampu. Dan gw harap para pembaca bisa berpikir secara bijak dengan mengikuti semua proses pemilu/pilkada, karena JIKA BUKAN KITA YANG MERUBAH NEGARA KITA, SIAPA LAGI?? walaupun nantinya jagoan kita kalah, anggaplah itu sebagai pengalaman yang berharga.

–  Bayar pajak

Gw gini-gini selalu bayar pajak loh, walaupun masih berupa pajak penghasilan yang itupun dipotong tiap bulan dari perusahaan kita. Jujur gw akui, terkadang gw agak bete gitu, kok udah bayar pajak pembangunan masih gini-gini aja seh?? Naah itu tadi, di pemilu 2009 mendatang gw berusaha memilih partai yang gw pikir akan berkompetence untuk menyelesaikan masalah ini (rencananya seh partainya pak arief hidayat) – nama partainya nti aja yah klo udah deket mau pemilu hahahahahahaha

udah ah, cape menulis yang berat-berat, idenya langsung abis gitu beda klo gw nulis yang konyol-konyol, berasa ide tuh mengalir lancar terus😀

One thought on “Nasionalisme

  1. Kata nyokap gua dulu waktu dia SD, semua orang pas 17 belasan, SEMUA ORANG, bener-bener semua, mesti pergi ke Lapangan Banteng, Pematang Siantar. Semua orang bawa bendera, semua orang berkonvoi rame-rame keliling kota. Dulu. Kata beliau, mungkin karena waktu itu Indonesia baru merdeka.

    Jujur aja, sekarang kayaknya gua dah gak peduli lagi deh ama nasib bangsa ini. Gua lebih seneng mikirin apa yang ada di hati gua. Hiks.

Leave a Reply

