Kesalahan besar tim Cina dan Manusia

Waktu kemaren nonton pertandingan markis kido/hendra setiawan (bulutangkis olimpiade), gw menonton pertandungan ini bersama keluarga, salah satu paman gw yang keturunan cina (the one and only di keluarga gw) mendengar pembicaraan pelatih Li yong bo (pelatih tim ganda cina) dengan Cai Yun dan Hai Feng (tim bulutangkisnya), klo ga salah kata om lukman gini

“Itu orang cina lagi ngasih instruksi ke anak buahnya”

“Ceng se nie te ne kie Kido, We tei kei ne Setiawan. Sie nie Kido” (JUJUR gw ga tau tulisan gw bener atau ga, atau bahkan kata-katanya bener juga gw ga tau HAHAHAHAHAH, ini biar menambah unsur serunya artikel ini :p )

klo kata paman gw itu,artinya jangan kasih bola ke kido, kasih ke hendra setiawan. ati-ati yah ama kido (begitulah kira-kira yang diucapkan oleh pelatih cina itu). Dan memang benar KIDO menjadi MAN OF the Match pada pertandingan itu. Karena semua pukulan kido hampir semuanya menghasilkan angka, baek itu dropshot, smes ataupun netting. Jadi wajar klo tim cina takut ama kido

Namun……

Disini gw melihat KESALAHAN TERBESAR tim cina (sebenernya gpp seh soalnya kan jadinya yang dapet emas Indonesia hehehehe) yaitu TERLALU KETAKUTAN TERHADAP SESUATU.

Yups…

Itu malah jadi kesalahan terbesar tim cina kemaren, setiap kido akan memukul, yang tampak di tim cina adalah ketakutan-ketakutan bahwa pukulan kido itu bahaya dan itu terbukti, semua pukulan kido menghasilkan angka. Padahal sebenernya hal ini ga perlu terjadi, jika mereka tidak terlalu takut dengan sosok KIDO.

Apa pelajaran yang bisa kita petik disini??

Jika kita melakukan sesuatu, YAKINLAH dengan apa yang kita buat, yakin bahwa yang kita lakukan itu benar, dan jika menemukan masalah yakinlah bahwa kita akan bisa menyelesaikan masalah itu,

JANGAN TAKUT…ya jangan takut berbuat salah, jangan takut terhadap orang, jangan takut terhadap sistem, jika kita sudah melakukan sesuatu itu dengan keyakinan bahwa pekerjaan/perbuatan kita itu baik dan benar maka tak ada yang perlu di takuti

Gw inget ucapan PAK DAVID DIMALLOW (VP ERicsson Singapore), ketika kami (trio kwek kwek) bekerja dengan pak david dan menemukan masalah dalam pekerjaan kami, pak david selalu berkata

“WE ALMOST THERE. WE ALMOST THERE”

YUps…Dan akhirnya masalah-masalah itu selesai karena kita yakin bahwa kita bisa menyelesaikan masalah itu.

AYOOOO KITA BISAAAAAA

2 thoughts on “Kesalahan besar tim Cina dan Manusia

Leave a Reply

