Communication Skill

Sering kali kita dihadapkan pada posisi dimana kita harus mempunyai communication skill yang cukup mumpuni. Karena sering kali maksud dan tujuan kita tidak tercapai dikarenakan pesan yang kita kirim dalam komunikasi ini tidak tersampaikan, ataupun jika tersampaikan tidak tepat 100 % sehingga ada deviasi antara pesan yang kita sampaikan dengan pesan yang diterima oleh penerima pesan.

Salah satu yang tersulit dalam berkomunikasi menurut saya pribadi adalah ketika kita akan pindah/melanjutkan karir kita, entah mengapa kondisi ini selalu membuat saya stress dan terkadang pesan yang disampaikan tidak mencapai tujuannya.

Sudah 3 kali saya mengalami kondisi ini, dalam 3 kesempatan ini pula selalu saya merasa stress dan kurang percaya diri untuk berkomunikasi dengan manager saya. Oke mungkin dikesempatan yang ketika ini saya lebih mempunyai percaya diri karena belajar dari 2 pengalaman sebelumnya, namun tetap saja sulit menurut saya pribadi.

Sebenarnya, para manager kita tidak ingin menahan kita bahkan mungkin sebenarnya mereka bangga akan prestasi kita, namun terkadang mereka ingin mengetest menguji sejauh manakah keinginan kita untuk mencapai tujuan kita itu. Saya pribadi melihatnya seperti sidang tugas akhir, para penguji akan berusaha untuk menguji kita apakah kita benar benar menguasi materi kita dan apakah kita yakin apa yang kita lakukan itu, menurut saya kondisi ini terjadi juga ketika kita ingin berpindah/melanjutkan karir kita.

Oke, teorinya sepertinya mudah, hanya saya sendiri selalu merasa hal ini tidak mudah kok hehehehe selalu ada krikil krikil kecil dalam prosesnya bahkan beberapa kasus harus melalui grandfather principle, namun sepanjang kita yakin apa yang kita lakukan, insyaallah semuanya berjalan lancar. Yang bisa kita lakukan hanyalah berusaha semaksimal mungkin dan lakukan dengan kepala dingin, selain dari itu hanya kepada-Nya lah kita berdoa, karena kita hanya bisa berusaha namun Allah yang menentukan segalanya…

> Ditulis di kantor ericsson dengan suasana hati yang sedang deg-degan…:D

 

 

 

2 thoughts on “Communication Skill

  1. Pingback: Communication Skill Part 2 | Indra Gunawan's Weblog

Leave a Reply

