Kehidupan di Luar Negeri Part 4

Seperti pernah saya bahas sebelumnya bahwa part 4 ini akan berbicara tentang pengeluaran sehari-hari di kuwait. Mungkin saya akan berbagi bagaimana saya/keluarga kami menyikapi hal ini. Sebelumnya mari kita bandingkan dahulu harga-harga yang ada di kuwait dengan dijakarta.

Untuk grocery secara jujur saya tidak pernah mengamatinya secara details namun bisa saya bagi disini bahwa secara umum berbelanja di carrefour indonesia dan carrefour kuwait perbandingannya mungkin 7:8 artinya setiap pengeluaran sebesar 700 ribu di indonesia mungkin sama dengan 800 ribu di kuwait.  Bahkan saya pernah berbincang dengan rekan saya di saudi arabia perbandingannya bahkan lebih murah disaudi dibanding di indonesia. Tentu disini saya berbicara tentang kebutuhan-kebutuhan umum yang semua manusia di dunia itu butuh karena jangan tanya berapa harga tahu sumedang atau bakso atau tempe di kuwait karena akan merasa jauh perbandingannya hehehehe. Namun jika kita berbicara tentang harga ayam potong atau daging sapi barulah perbandingan ini dapat dipertimbangkan.

Biaya transportasi, klo untuk hal yang ini saya berani menjamin bahwa biaya transportasi di luar negeri itu akan jauh lebih murah daripada di indonesia. Contoh mudahnya mungkin bisa saya gambarkan disini ketika saya di rumah bintaro ada 3 alternatif untuk mencapai kantor saya di pondok indah, alternatif pertama adalah menggunakan mobil, dengan jarak rumah ke kantor yang hanya mencapai 18 km secara teoritis avanza saya bisa dibilang hanya akan menghabiskan 2 liter bensin artinya 9 ribu rupiah sekali jalan dan pulang pergi 18 ribu, sehingga dalam 1 minggu akan menghabiskan sekitar 90n ribu untuk bensin namun pada kenyataannya tidak seperti ini, karena ada pula faktor kemacetan dijakarta yang bisa mengakibatkan biaya ini membengkak. Untuk perbandingan di kuwait, sayangnya saya tidak menggunakan mobil disini hehehe sehingga perbandingannya kurang adil, namun saya akan mengambil contoh adalah rekan saya disini yang mempergunakan mobil. Di kuwait sendiri harga bensin sangat murah dibandingkan dengan di jakarta, untuk sebuah harga bensin dengan kualitas super hanya akan berharga 0.070-0.080 KD sekitar 2-3 ribu rupiah dan disini tidak ada kemacetan sehingga biaya untuk transportasi menggunakan mobil di kuwait sangat murah.

Alternatif kedua  untuk berangkat ke kantorketika di indonesia adalah menggunakan angkutan umum, ada 2 pilihan tersedia yaitu bis trans bintaro atau taxi. Untuk mencapai trans bintaro itu saya harus mempergunakan feeder baru kemudian dilanjutkan dengan trans bintaro. Dahulu ongkos untuk feeder adalah 2 ribu rupiah dan trans bintaro 11 ribu, sehingga total 13 ribu sekali jalan atau 26 ribu untuk sehari sedangkan dikuwait sendiri saya dari apartment saya hingga ke kantor adalah mempergunakan City Bus dan biayanya sekali jalan adalah 0.200 KD atau 6 ribu rupiah, lebih murah bukan?? Contoh yang lain adalah saya pernah bertanya ke rekan saya di swedia, berapa harga tiket kereta disana, rekan saya berkata sekitar 700 SEK atau sekitar 1 juta rupiah namun ini adalah karcis langganan dan ini untuk satu bulan pemakaian, sehingga untuk sekali jalan adalah 700/30/2 = 11.67 SEK atau sekitar 15 ribu rupiah sekali jalan.

Dari penjelasan diatas mungkin para pembaca berpikir loh klo begitu murah dunk hidup diluar negeri??

Hehehe… Don’t judge it too soon……

Di luar negeri kita harus menyewa apartement dan harga sewa apartment ini perbulan adalah sekitar 200-350 KD atau 6.5-12 juta perbulan, dengan uang sebesar itu tentu kita bisa mempergunakannya untuk mencicil KPR di indonesia hehehehe

Hal lainnya adalah ketika kita akan makan diluar, baik itu ketika makan siang ataupun ketika makan bersama keluarga. Ketika saya di indonesia, untuk satu kali makan siang di warung dekat ericsson indonesia hanya berkisar 7 ribu – 15 ribu di kuwait menurut pengalaman saya pribadi harganya berkisar antara 1.25 – 2.5 KD atau 50 ribu – 90 ribu.

Secara total, pengeluaran di indonesia dan kuwait memiliki perbandingan 3,5 : 4:5 artinya setiap pengeluaran sebesar 3.5 juta di indonesia akan equal dengan 4.5 juta di kuwait.

Itulah secara umum gambaran kehidupan dikuwait, dan bagian ke 4 ini merupakan bagian terakhir dari quadrologi??(saya hanya tau trilogi hehehe) dari proses kehidupan di kuwait menurut pandangan saya pribadi.  Namun saya pribadi menganjurkan jika para pembaca mendapat kesempatan untuk berkarir atau bekerja di luar negeri, ambillah kesempatan itu. Karena bekerja di luar negeri adalah kesempatan bagi kita untuk mengembangkan diri kita baik itu dari sisi teknikal ataupun dari sisi kehidupan sosial. Dikuwait ini saya bertemu dengan rekan-rekan yang amazing, beberapa diantaranya bahkan juga disegani di indonesia dan mereka skrng bekerja di kuwait (well, ada yang udah pulang sih ke indonesia lagi, one of the greatest BSS engineer in NSN). Beberapa dari mereka bahkan sudah mencapai posisi team leader namun mereka berani untuk meninggalkan zona nyaman mereka untuk mencoba mencari tantangan baru.

Klo mengutip perkataan saya yang saya ucapkan ke manager saya di indonesia adalah

“ by working outside of indonesia, I can learn from the engineer which more technical skill than me, I can broadness my network since I will worked with all people around the world, with different culture, I can develop new troubleshooting skill with new trik, new tools or even new approach when solving the problem. For me it’s priceless, and I would like to take this challenge”

Sampai sekarang, perkataan itu saya masih merasa benar hingga 90 %, sehingga apa yang saya ucapkan waktu itu adalah benar dan tidak mengada-ngada hehehe

>> ditulis di ruang tengah apartment sambil menanti rekan-rekan arisan datang.

2 thoughts on “Kehidupan di Luar Negeri Part 4

  1. Pingback: Nasib sebagai Engineer | Indra Gunawan's Weblog

Leave a Reply

