Communication Skill Part 2

Menyambung dari part 1, akhirnya saya berhasil untuk belajar lebih baik dalam berkomunikasi.

Seperti pernah saya bahas di part 1, bahwa terkadang berkomunikasi itu tidak mudak, perlu trik dan perlu diplomasi yang terkadang lebih membingungkan dari pekerjaannya itu sendiri. (ini pengalaman saya pribadi hehehe)

saya akan mencoba berbagi trik saya ini barangkali saja bisa diimplementasikan oleh para pembaca lainnya.

– Cobalah meminta saran ke senior atau orang yang anda anggap punya kemampuan berkomunikasi yang baik.

Dalam kasus saya, saya sempat meminta saran ke rekan saya, beliau bernama SP Sajugo(penting ga seh hehehe), dalam diskusi saya ini dia memberi masukan apa saja hal-hal yang harus di diskusikan, dan keep on track…maksudnya adalah ketika sedang berbicara tentang issue ini jangan melenceng ke issue yang lain, contoh gampangnya adalah seperti ini : ketika kita berdiskusi dengan istri bahwa kita sedang ingin membeli PS3, ya fokus untuk berbicara untuk beli PS3, pons and consnya apa, jangan malah kita terseret ke hal-hal lain, yang hasilnya adalah PS3 tidak jadi di beli namun yang dibeli adalah netbook untuk istri hehehehe (contohnya mirip ga yah ngaco mode on🙂

Selain dari Jugo, saya juga sempat berdiskusi dengan beberapa rekan saya di kuwait, kebetulan minggu lalu di rumah kami mengadakan arisan, jadi selesai arisan kita sempat berbincang-bincang mengenai how to deal with difficult people, disitu saya mendapat banyak masukan dari rekan-rekan telco di kuwait. Hal-hal yang dahulunya tidak terpikirkan oleh saya, dengan berdiskusi bersama mereka saya mendapat ide baru, salah satu kata-kata yang saya ingat adalah

“Posisikan diri loe itu jadi manager, jadi loe harus tau concernnya dia apa, dan coba untuk bantu dia, jangan malah loe ngepush dia mulu atau bahkan mengancam dia”

Aha… itu dia saya pikir, ini mungkin adalah kata kuncinya, karena dalam diskusi saya sebelumnya saya selalu bilang saya ingin ini, ingin itu, ingin ono, ingin iku namun saya tidak pernah berpikir apa sih maunya manager saya, dari situlah saya berpikir keras…

Hmm oke, saya harus memposisikan diri sebagai manager dan kira-kira apa yang saya bisa bantu/lakukan untuk menolong manager saya ini, dan bummm…. setelah berpikir dan saya mengajukan bantuan kepada manager saya ini, manager saya ini pun dengan mudah untuk memberi ijin kesaya untuk melanjutkan karir saya.

– Hal yang kedua yang saya lakukan untuk memperbaiki skill berkomunikasi adalah dengan melakukan “gladi resik”.

What??gladi resik apaan neh??hehhe lagi-lagi ide ini berasal dari perbincangan dalam diskusi di arisan, rekan saya bilang

“Coba deh loe berlatih, kira-kira klo loe ngomong A, manager loe bakal jawab apa?? possibilitynya kan bisa negasi dari A, atau malah complement dari A, atau bahkan B,C,D yang melenceng dari topik”

Akhirnya saya menulis semua hal-hal yang saya ingin diskusikan dan kemungkinan jawaban yang akan saya dapatkan. Karena di apartment saya hanya saya dan istri saya, akhirnya saya berkomat kamit sendiri didepan cermin, sambil menggerakkan tangan saya sebagai body languagenya..

Kocak juga seh klo dipikir-pikir, seperti orang gila yah hehehehe namun ternyata hal simple itu sangat membantu dan ketika saya berdiskusi dengan manager saya, saya tidak kaget akan jawaban-jawaban manager saya ini, bahkan sayapun dengan lancar dan pasti menjawab semua argument beliau, dan itu karena karena hal simple yang sudah saya latih sebelumnya (komat kamit depan cermin hehehehe)

Begitulah trik-trik saya berkomunikasi, mungkin keadaannya atau situasinya berbeda dengan rekan-rekan semua, cuma one thing for sure that communication is the key of success. Tried to be expert in communication.

“Revisi dikit, expert disini bukan dalam artinya malah jadinya jago ngomong ga bisa kerja yah hehehe maksudnya kita selain bisa menunjukan skill teknikal kita, namun juga skill berkomunikasi kita juga perlu diasah”

> Ditulis di kantor sambil ditemani segelas teh hangat….

One thought on “Communication Skill Part 2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s