Future Skill???

Obrolan sore hari

Blink blink
Terdengar suara pesan datang, ketika saya check ternyata adik kelas saya di SMA.
Perbincangan awalnya mungkin tidak menarik untuk di bahas disini, hanya di akhir-akhir perbincangan ada pertanyaan menggelitik dari dia
A : “Mas i, gimana seh caranya seh kerja di R&D, atau klo ga cara kerja di luar negeri deh”
Saya tersenyum mendengar pertanyaan tersebut, karena hal yang sama terlintas di pikiran saya sekitar 4 taun lalu.
Well, saya disini coba berbagi sedikit tips dan triks untuk hal ini.
Hanya perlu di ingat bahwa ini hanya “applicable” untuk bidang ICT(Information Communication Technology), sehingga jika anda adalah seorang Sipil Engineer atau Teknik Perminyakan, mungkin tips dan trik ini bukannya membantu anda, malah akan menyesatkan menurut saya hehehe
Hal yang paling utama dalam bekerja adalah mencari apa seh “kekuatan” anda atau “Find Your Strength  Point”
Kenapa ini penting saya bahas disini adalah karena beberapa orang memiliki kelebihan di bidang technical namun beberapa malah sangat luar biasa kemampuannya di bidang soft skill.
Beberapa orang memang biasa menguasai keduanya, hanya biasanya akan tetap terlihat dimana yang lebih kuat, baik itu technical atau softskillnya.
Untuk diri saya sendiri, karena saya senang meng”oprek”(red:merusak barang tanpa mampu memperbaikinya :D) sehingga saya lebih merasa lebih cocok bekerja di bidang technical.
Sampai sekarang pun saya masih mengembangkan diri saya di bidang ini, atau bisa saya bilang masih dalam I shape dalam Agile WoW terminology, (red : ada beberapa shape di Agile “I” shape,”L” shape,”T” shape,”+” shape).
Semakin luas kemampuan kita, maka kita akan semakin menuju ke T shape. Namun saya merasa bahwa kemampuan technical saya masih kurang sehingga saya masih berada di I shape.

Untuk orang-orang yang lebih kuat di bidang soft skillnya, saya pikir lebih baik anda tetap fokus untuk meningkatkan hal ini.
Saya beri contoh sukses story untuk hal ini.
Saya dan salah seorang kawan saya, sama-sama masuk Ericsson Indonesia pada tahun 2006.
Kawan saya ini, mempunyai kemampuan soft skill yang sangat luar biasa yang menutupi kemampuan teknikalnya.
Negotiation Skill, Presentation Skill, Human Interaction Skill benar2 kelas dewa deh klo saya bilang dan anda tau skrng bagaimana dia skrng??
Pada usia 29 tahun, dia sudah menjadi Senior Account Manager di level regional. Yups, senior manager di usia yang sangat muda😀
sedangkan saya masih saja “narik-narik” kabel, “nyopotin baut”, “nyolokin” listrik etc hahaha
Apakah saya iri???
jawabannya adalah TIDAK, SAMA SEKALI TIDAK.
Saya merasa bahwa jika saya di beri kesempatan untuk menjadi Senior Manager skrng, saya sangat yakin akan GAGAL hahahaha karena Strength  point saya bukan di softskill.
Saya bahkan bersyukur karena saya fokus di bidang teknikal yang akhirnya bisa mengantarkan saya bekerja di R&D di Ericsson.

loh kok malah melantur dari topik, kembali ke topik deh hehehe
Jika ada bekerja di ICT dan memiliki minat di teknikal saya mungkin bisa menyarankan untuk menguasai hal ini
1. Linux/Unix Skill
2. Programming Skill
3. IP Knowledge
4. Network Security

Di Dunia ICT yang semakin bersentuhan dengan kebutuhan manusia, ICT akan menjelma menjadi sebuah kebutuhan primer di masa depan.
Sekarang saya tanya ke anda
– Seberapa banyak dari anda bisa hidup tanpa internet?? atau lebih jelasnya tanpa Pesbuk, path, twitter, instagram etc??
– Seberapa banyak dari anda bisa hidup tanpa telepon???
Tanpa anda sadari, beberapa dari anda bahkan sudah menganggap ICT ini kebutuhan primer??

Empat skill diatas tidak perlu anda kuasai semua jika anda ingin memulai bekerja di luar negeri.
Untuk Linux/Unix skill, sepertinya semua orang yang bekerja di ICT wajib menguasai hal ini. Untuk case saya di ericsson, mungkin sekitar 90% orang yang bergelut dalam bidang teknikal akan menguasai hal ini.
Atau saya bilangnya skill ini termasuk “MUST HAVE”
Untuk programming skill, anda bisa belajar “bahasa programming” apapun baik itu Perl, Java etc namun yang terpenting adalah anda memiliki sense programmingnya, mungkin di Ericsson global hanya sekitar 30-40% yang menguasai hal ini.
Untuk R&D sendiri, programming skill itu sangat di butuhkan. Atau saya bilangnya skill ini termasuk “MIGHT BE NEEDED”
Untuk IP knowledge, kemampuan ini juga sangat penting untuk anda punya, anda bahkan dengan mudah berpindah-pindah kerja karena sifatna yang general. Atau saya bilangnya skill ini termasuk “NEEDED”
Network security, klo bisa saya bilang ini adalah Skill Masa depan. Dua bulan yang lalu saya mengikuti workshop tentang network security, dan yang mengejutkan buat saya adalah ternyata dari sekitar 150 000 pegawai Ericsson hanya sekitar 40-50 orang yang menguasai hal ini.
Dimasa depan yang semakin “cloud” architecture, security menjadi sesuatu yang “MUST HAVE”, sehingga jika anda menguasai bidang ini, jangan heran jika Tim Cook(red:Apple CEO) akan mengontak anda untuk bekerja disana. Karena memang yang ber”competence” dibidang ini masih sedikit sehingga Perusahaan-perusahan kelas dunia akan berebut merekrut anda ketika melihat CV anda di linkedin.

So…..
Jika ada menguasai 4 bidang diatas, atau paling tidak 3 yang pertama dan anda masih berada di Indonesia dan ingin bekerja di luar negeri. Just let me knows.
I’m more than happy to give you recomendation to manager. Atau jika anda menguasai bidang yang ke empat juga, saya tidak segan-segan untuk merekomenddasikan ke CTO saya disini.
Thats my promises.

Cheers,
Indra

Leave a Reply

