Negeri Impian FAQ

Foreword….

Tulisan ini dibuat karena banyak yang bertanya mengenai cerita bersambung ini.
Oleh karena itu jika ingin mengetahui alasan mengapa saya menulis cerita ini, mungkin anda bisa membaca tanya jawab di artikel ini

FAQ
Tanya : “Ini Ceritanya tentang apa seh???”
Jawab : “Cerita bersambung ini menceritakan mengenai negara impian sang penulis, negara yang bener benar ideal”

Tanya ; “Emang ada negara kayak gitu??? Jangan-jangan termasuk orang-orang yang selalu memandang sinis indonesia neh mentang-mentang di luar negeri”
Jawab : “Hahahaha jangan kawatir kok, saya masih cinta Indonesia, alasan saya manulis ini justru sebuah kontribusi untuk bangsa saya”
“Well, saya ga pintar berpolitik, atau menulis yang serius-serius, jadi saya masih malu-malu klo mesti memberi saran yang serius kepada negara saya”
“Saya juga ga pintar euy, jadi saya juga ga pede klo disuruh menjadi peneliti dan menyumbangkan ilmunya buat negeri”
“Ada juga seh yang menyuruh saya untuk menjadi enterpreneur, cuma saya juga ga bakat neh jadi enterpreneur”
“Hahaha bakat saya apa yah sebenarnya wkwkwk”
“Jadi ya sama sekali tidak benar, klo cerita ini mendiskreditkan Indonesia, mungkin ada beberapa constructive feedback, namun feedback ini insya Allah untuk kemajuan negeri kok”
“klo ada temen-temen yang merasa dalam tuisan saya kritiknya sepertinya cuma ngeritik doank tanpa ngasih solusinya, let me know yah, kita sama-sama edit yuk ceritanya”
“Semua bisa berkontribusi untuk mewujudkan negeri impian ini”

Tanya : “loh, kok belum jawab ada ga negara kayak gini???”
Jawab : “hehehe sepertinya belum ada seh”
“Walaupun menurut saya Indonesia punya potensi yang sangat besar, namun harus diingat loh, klo potensi ini tidak dimanfaatkan ya hasilnya akan mengecewakan”

Tanya : “maksudnya”
Jawab : “well, karena saya penggemar bola mungkin analoginya seperti ini”
“anda tahu Robinho atau Pato??? Mereka adalah pemain sepakbola dari brazil, ketika mereka masih muda, mereka dianggap sangat berpotensi untuk menjadi pemain terbaik dunia.”
“namun anda tahu apa yang terjadi dengan mereka??? mereka jauh dari pemain terbaik dunia, bahkan untuk menjadi pemain utama di klubnya saja susah”
“Kemudian anda tau Lionel Messi???”
“yup, dia ketika muda digadang-gadang sebagai atlet potensial, dan karena dia mampu memanfaatkan potensinya ya akhirnya dia seperti sekarang ini”

Tanya : “saya awalnya pas baca-baca ini awalnya bingung, alur ceritanya kok ga jelas yah menurut saya”
Jawab : “hahaha klo itu mungkin saya harus meminta maaf. Pertama saya baru belajat menulis neh, jadi ya saya belum tahu bagaimana menulis dengan alur yang benar”
“saya coba membayangkan diri saya seh ketika saya menulis cerita itu, mungkin itu juga yang bikin alurnya ga jelas soalnya saya orangnya ga jelas hahaha”

Tanya : “Saya merasa segmentasinya terlalu sempit neh, ITU, E///, Agile, apaan seh itu??
Jawab : “hmm klo ini saya juga merasa seh, cuma saya bingung juga gimana yah cara membuatnya lebih general, karena saya pingin cerita ini berdasarkan pengalaman saya”
“baik pengalaman saya bekerjan, bersosialisasi, membaca buku dll”
“sebetulnya dibagian pertengahan saya sudah lebih general seh, cuma klo itupun masih dianggap bersegmentasi ya saya mohom maaf”
“artinya saya harus belajar lagi seni menulis ehehehe”

Tanya : “Jadi saya boleh mengkritik neh tulisan loe??”
Jawab : “wahh boleh banget, seperti saya bilang saya selalu terbuka untuk di kritik yah”
“Apalagi jika itu contructive feedback(kritik membangun) artinya kritik dan memberikan solusi juga gimana untuk improvementnya”
“namun klo mau mengkritik biasa juga boleh ko, saya sudah biasa di kritik hihihihi”

Tanya : “ini rencananya mau sampai kapan cerita bersambungnya??”
Jawab : “Jujur, saya juga belum tahu endingnya mau seperti apa, sekarang ini seh lebih saya biarkan mengalir apa adanya”
“Saya sendiri menulis ini lebih sebagai latihan saya untuk belajar menulis, karena menurut saya menulis juga perlu latihan”

Updated : Part 1 dari Negeri Impian Selesai di Bab 13. Rencananya akan terbit 2 minggu llagi dari skrng

Tanya : “Loh kenapa tamat??”

Jawab : “Hehehe pertama saya sudah mulai sibuk neh, kerjaan udah mulai lagi kompleksitasnya, jadi otak mikir saya udah habis disitu. Ga sanggup otak saya klo mesti mikir juga untuk tulisan ini hehehe

“Yang kedua juga seperti saya belajar dulu deh seni menulis dulu, bagaimana bikin alur yang baik dsb. Saya merasa agak kurang banget di bagian ini, jadi biar tulisan saya ga diketawain oleh para penulis jadi saya belajar dulu aja deh, daripada saya malu-maluin hahaha”

“Yang ketiga adalah saya mau ada business trip ke swiss, jadi kayaknya ga sempet deh gw nulis2 selama perjalanan itu”

Tanya : “wah berarti tamatnya dipaksakan dunk??”

Jawab; “hehehe ga juga seh, kan saya bilang ini akhir dari bagian pertama trilogy Negeri impian. Insya Allah nanti dibagian keduanya klo saya sempet belajar seni menulis, jadi lebih baik lagi karyanya

Tanya : “btw tulisannya banyak yang salah ketik sih”

Jawab : “hahaha iya neh, saya belum punya editor untuk bantuin edit tulisan saya hahahah”
“cuma emang ditahap ini,saya baru belajar untuk mencurahkan imajinasi saya dalam tulisan,tulisan ini belum untuk tulisan yang serius yang mau di release di majalah,koran etc”
“ini lebih proses belajar saya sendiri”

Tanya ; “kenapa seh banyak haha, hehe, hihi, wkwkwkw di tulisannya??”
Jawab : “aduh kenapa yah, klo ditanya gt bbingung juga jawabnya, awalnya saya nulis ini buat bodoran seh, jadi banyak haha heheh hihinya deh”
“mungkin klo saya nanti mau yang lebih serius, mungkin harus dihapus kali yah”

Tanya : “Bukannya ada tulisan anda ada juga yang serius??”

Jawab: “Iya seh ada, mungkin nanti gw coba bagi deh jenis tulisan gw berdasarkan kategori, nanti coba saya edit link di FAQ ini”

Tulisan Serius Gaya indra Gunawan hehehe

Constructive Feedback, Another Culture Shock In Sweden

UN dan Sistem Pendidikan Terbaik

Future Skill in Information Technology

Communication Skill

Cerita Bersambung Negeri Impian sendiri bisa dibaca di link ini

Bagian 1. Ketika Indra Harus Berangkat ke Majapahit

Bagian 2: Pertemuan 5 sahabat

Bagian 3 : Pertemuan 5 Sahabat bagian kedua

Bagian 4 : Majapahit, I’m ready to go

Bagian 5 : Selamat Datang Di Majapahit

Bagian 6 : Culture Masyarakat Majapahit

Bagian 7: Budaya Majapahit

Bagian 8 : Bersantai During Weekend di Majapahit

Bagian 9 : Itachi Sang Penjahat Bertopeng???

Bagian 10 : Ketika Tabir Itachi Mulai Terkuak

Bab 11: Kopi Joss Another Uniqueness in Majapahit

Bab 12: Pertualangan Kapal Sunny dimulai

Bab 13: Majapahit Ditemukan……..

One thought on “Negeri Impian FAQ

Leave a Reply

